Lulusan D4 STAN Tidak Bisa Beasiswa S2 UI dan Unpad

Beredar kabar yang kurang enak di milis alumni STAN tentang bagaimana Lulusan Diploma 4 STAN yang tidak bisa mendaftar beasiswa S2 di Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran Bandung. Hal ini semacam aneh saja seperti kita ketahui lulusan D4 STAN  tidak kalah dengan lulusan program S1 Ekstensi di univeritas lain bahkan di UI-nya sendiri.

Salah satu alumni dalam milis menjelaskan sebenarnya “Itu isu lama sejak tahun 2004-an. Saya sempat kaget juga waktu itu. Saya datangi langsung saja ke Kampus Salemba. Sehingga faktanya: untuk S2 Magister Akuntansi UI setahu saya tidak ada penolakan”.

Secara tidak formal informasi penjelasan mengenai penolakan UI ini disampaikan oleh salah seorang dosen UI yang dihubungi langsung oleh alumni, menurut beliau penolakan itu terjadi karena sekarang UI sudah menerapkan sebuah policy dimana pendaftaran untuk masuk UI sudah dilakukan secara terpusat dan pihak universitas strict terhadap aturan tersebut. “ Tahun-tahun sebelumnya bisa lolos, karena administrasi UI masih terpecah-pecah. Sehingga masing-masing fakultas bisa membuat perkecualian. Namun sejak pendaftaran terpusat, hal tersebut jadi sulit dilakukan. Karena pihak universitas strict dengan aturan.”, seperti yang beliau sampaikan.

Sedangkan untuk Unpad sendiri, mereka memang sudah menerapkan hal ini untuk jurusan tertentu saja misalnya S2 Akuntansi. Namun, hal ini tidak berlaku untuk program S2 Ekonomi, Magister Akuntansi, dan Magister Ekonomii Terapan Unpad, Lulusan D4 STAN bisa diterima seperti yang diungkapkan Arif Zainudin/stan91.

Berbagai harapan dari alumni lain pun bermunculan semoga kedepan ini menjadi bahan pertimbangan bagi Ikanas STAN khususnya dan Kementerian Keuangan melalui BPPK untuk bisa meng-clear-kan masalah ini sehingga jelas bagaimana nasib alumni D4. Semoga bermanfaat.

Sumber

About these ads

Perihal Saragih's Group
FIGHT always

Kirimkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: