Sebagian Prestasi Mahasiswa STIS

Di bawah ini beberapa prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa dan alumni STIS tahun-tahun terakhir ini.

  1. Juara Statistika Ria 2009Juara I dan Juara Umum Lomba Statistika Ria di IPB Tahun 2008
  2. Peraih Emas Terbanyak Olimpiade PTK di AIM/AKIP Tahun 2008
  3. Juara Umum Paduan Suara Rohani di STPDN Tahun 2008
  4. Stand Terfavorit Tiga Tahun Berturut-turut di Ajang PTK Expo
  5. Juara I Lomba Statistika Ria di IPB Tahun 2009
  6. Juara I Kategori Menulis Essay Statistik Ria di IPB Tahun 2009
  7. Juara III Kategori Berpasangan Kejurnas Bridge di Gorontalo Tahun 2009
  8. Peringkat V Kategori Beregu Putri Kejurnas Catur Mahasiswa di Jakarta Tahun 2009
  9. Juara I Kejurnas Bridge di Riau Tahun 2009
  10. Menciptakan software “Zaitun Time Series” Tahun 2009 dan mendapat penghargaan dari Menkominfo.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Gedung baru STIS

INFORMASI SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) – semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) – merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan institusi pendidikan kedinasan dibawah naungan Badan Pusat Statistik dan telah mengalami peningkatan status dari Akademi Ilmu Statistik (AIS). AIS berdiri berdasarkan Surat Keputusan Perdana Menteri Indonesia (pada waktu itu, Ir. H. Djuanda) Nomor 37/PM/1958, Tanggal 11 Agustus 1958.

Pada awal mula berdirinya, AIS mendapat bantuan dana dan tenaga ahli dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bantuan disalurkan melalui Statistical Research and Development Centre yaitu lembaga yang didirikan oleh pemerintah Indonesia. BPS  bekerjasama dengan Badan PBB, United Nations Development Program (UNDP).

Tahun 1964, BPS sudah membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) dengan dosen (pengajar) bantuan dari PBB dan alumni AIS. Pada tahun 1965 bantuan ini terhenti karena Indonesia keluar dari PBB dan sejak itu pula PTIS ditutup. Walupun PTIS sudah tidak beroperasi, AIS tetap melaksanakan proses pendidikan. Pada tahun 1995-1996 dilakukan usaha meningkatkan pendidikan ahli madya statistik (D-III) menjadi pendidikan ahli statistik (D-IV) dalam rangka merespon era Digital Economy.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Surat Keputusan Nomor 295/D/T/97 Tanggal 24 Pebruari 1997 mengijinkan BPS menyelenggarakan Program Diploma IV. Kemudian setelah itu, diterbitkan Keppres No.163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS, sehingga sejak saat itu berdirilah STIS. Sesuai dengan Keppres tersebut, status STIS adalah sekolah tinggi kedinasan yang pembinaan teknisnya dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan pembinaan secara fungsional dilaksanakan oleh Kepala BPS.

FASILITAS KESEHAHTERAAN MAHASISWA

 

i.    Selama proses perkuliahan di STIS mahasiswa tidak dikenakan biaya pangkal/pembangunan, biaya kuliah maupun biaya akademik sedikitpun.

ü.   Setiap bulan mahasiswa/i menerima tunjangan Ikatan Dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk tahun 2010, mahasiswa STIS memperoleh tunjangan Ikatan Dinas (ID)/uang saku sebesar Rp.850.000,- dan  akan bertambah lagi sebesar Rp. 1.200.000,-.

üi.  Mahasiswa ID yang telah menyelesaikan studinya akan langsung diterima bekerja di BPS (Badan Pusat Statistik) Pusat, maupun BPS Provinsi/Kabupaten-Kota.

ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Ikatan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (IMASTIS) merupakan wadah bagi mahasiswa STIS dalam berorganisasi. Lembaga-lembaga yang ada di IMASTIS adalah Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)-merupakan lembaga yang menjalankan fungsi legislatif dan Senat Mahasiswa (SEMA) STIS-merupakan lembaga tertinggi kemahasiswaan yang menjalankan fungsi eksekutif. SEMA sebagai sentral koordinasi dan informasi serta memiliki peran sebagai penampung, penyalur, pengontrol, pengakomodir bakat, minat, profesi, dan kegiatan mahasiswa di lingkungan STIS Jakarta.

Setiap seksi yang ada di SEMA terdiri dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) meliputi:

  • Seksi Kerohanian yang terdiri dari UKM Rohani Islam (ROHIS)  dan UKM Rohani Kristen (ROHKRIS).
  • Seksi Pendidikan yang terdiri dari

o    Bimbel (Bimbigan Belajar/tutor),

o    Forkas (Forum Kajian Statistik),

o    Kom. Net (Komputer dan Internet),

o    Nihongo Bu (Klub Bahasa Jepang), dan

o    SES (Statistic English Society).

  • Seksi Olahraga terdiri dari Basket, Bridge, Bulu Tangkis, Catur, Futsal, Senam, Tenis Lapangan, Tenis meja, dan Voli.
  • Seksi Hubungan Masyarakat terdiri dari Humas Eksternal dan Media  Kampus (Jurnalistik).
  • Seksi Dana dan Usaha terdiri dari Kopma (Koperasi Mahasiswa). Seksi Litbang (Penelitian dan Pengembangan).
  • Seksi Kesenian terdiri dari Paduan Suara, Teater, Band, Vokal Grup, dan Dance (Modern dan Tradisional).
  • Seksi PMKL (Pengabdian Masyarakat dan Kepedulian Lingkungan) terdiri dari GPA CHEBY (Gerakan Pecinta Alam) dan UPM (UKM Palang Merah).

PRESTASI MAHASISWA

Di bawah ini beberapa prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa dan alumni STIS tahun-tahun terakhir ini :

1.     Juara I dan Juara Umum Lomba Statistika Ria di IPB Tahun 2008

2.     Peraih Emas Terbanyak Olimpiade PTK di AIM/AKIP Tahun 2008

3.     Juara Umum Paduan Suara Rohani di STPDN Tahun 2008

4.     Stand Terfavorit Tiga Tahun Berturut-turut di Ajang PTK Expo

5.     Juara I Lomba Statistika Ria di IPB Tahun 2009

6.     Juara I Kategori Menulis Essay Statistik Ria di IPB Tahun 2009

7.     Juara III Kategori Berpasangan Kejurnas Bridge di Gorontalo Tahun 2009

8.     Peringkat V Kategori Beregu Putri Kejurnas Catur Mahasiswa di Jakarta Tahun 2009

9.     Juara I Kejurnas Bridge di Riau Tahun 2009

10.  Menciptakan software “Zaitun Time Series” Tahun 2009 dan mendapat penghargaan dari Menkominfo.

11.  Juara I dan Juara Harapan I dalam kompetisi tahunan mahasiswa statistika seluruh Indonesia yang melibatkan 41 peserta dari 12 Perguruan Tinggi yaitu IPB, STIS, UGM, UNY, ITS, ITB,UNPAD, UNDIP, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Islam Bandung (UNISBA), di Kampus IPB tahun 2009

12.  Juara I umum Lomba Statistika Ria di IPB tahun 2010

PROSPEK STIS

Lulusan STIS langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III A pada Badan Pusat Statistik dan ditempatkan di lingkungan BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota serta mampu melakukan kegiatan berbagai survey statistik di lapangan.

Lulusan sekolah tinggi ini bisa melanjutkan ke jenjang S1 di IPB, Unpad, UGM, dan ITS. Untuk meneruskan ke S2 dan S3, mereka dapat melanjutkan ke Amerika, Kanada, Australia, Jepang, Inggris, Jerman, dan Belanda.

STIS DIBANDINGKAN DENGAN PTK LAIN……

NO STIS PTK lain
1.2.

3.

4.

5.

6.

Murni berstatus Ikatan Dinas dan langsung menjadi CPNS setelah lulus.Sistem pengajaran dan kedisiplinannya murni tanpa kekerasan.

Tunjangan Ikatan Dinas (Uang saku) termasuk yang terbesar.

Tidak dikenakan biaya sedikitpun dari awal masuk sampai lulus kuliah.

Lokasi berada di pusat kota Jakarta, fasilitas kota lebih lengkap.

Tidak memiliki asrama, lebih mendukung kegiatan mahasiswa di luar kampus (keseharian mahasiswa  layaknya seperti mahasiswa lain di PTN/PTS)

Tidak semua berstatus Ikatan Dinas, dan tidak semua alumni dipastikan jadi PNS.Beberapa PTK lain masih menerapkan sistem pengajaran semi-militer.

Relatif lebih rendah,  bahkan beberapa PTK lain tidak mendapatkan tunjangan Ikatan Dinas.

Masih dikenakan biaya daftar ulang/uang pangkal/uang pembangunan, dan beberapa PTK juga dikenakan biaya selama masa pendidikan.

Lokasi berada di pinggiran kota.

Umumnya memiliki asrama, sebagian besar aktivitas mahasiswa dikendalikan oleh kampus.

PERSYARATAN UMUM DAN PENDAFTARAN

1.        Sehat jasmani dan rohani dan tidak cacat fisik, tidak buta warna, dan bebas narkoba.

2.        Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA.

3.        Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (bukan hasil pembulatan) pada kelas XII  (semester  V).

4.        Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2011.

5.        Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

6.        Tidak sedang menja  lankan ikatan dinas dengan instansi lain.

7.        Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

8.        Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).

9.        Bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota

Tempat pendaftaran :

Dilakukan di BPS Propinsi/kabupaten masing-masing. Atau melalui situs resmi STIS. Untuk alamat dan waktu pendaftaran dapat dilihat di situs resmi STIS http://www.stis.ac.id

Pelaksanaan test

Test dilakukan dalam 3 tahap dengan ketentuan untuk setiap tahap diberlakukan sistem gugur. Jadi

jika tidak lolos test tahap 1 maka secara otomatis ia tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap 1 : test akademik meliputi matematika, bahasa inggris dan pengetahuan umum.

Tahap 2     :   psikotest dan wawancara.

Tahap 3     :   test kesehatan

Kirimkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s