Mengatasi Kesulitan

Kali ini saya akan coba untuk berbagi mengenai kiat mengatasi kesulitan atau permasalahan hidup, postingan ini saya ambil dari sebuah buku yang luar biasa, yang membahas mengenai salah satu perubahan mendasar untuk menjadi sukses. Judul buku tersebut adalah Success Through Character ( Sukses Melalui Karakter ) yang ditulis oleh Jakoep Ezra.

Setiap dari kita pasti pernah mengalami kesulitan maupun permasalahan dalam hidup ini, terkadang kesulitan tersebut membuat kita stress, down dan kehilangan semangat tapi tak jarang pula kesulitan yang ada membuat kita semakin kuat dan dewasa dalam menjalani kehidupan. Yang perlu diingat bahwa tidak ada seorangpun yang bisa menghindar dari kesulitan atau permasalahan, jadi ini bukan sesuatu yang harus dihindari tapi sesuatu yang harus dihadapi. Bisa jadi kesulitan yang ada merupakan sebuah proses dari perwujudan impian hidup kita. Sekarang bagaimana cara atau kiat kita untuk mengatasi kesulitan hidup yang ada. Sebagai makhluk Tuhan kita dianugerahi akal sehat dan naluri yang tajam untuk bertahan dan mengatasi kesulitan. Naluri dan akal sehat selalu mendorong dan menolong kita untuk lepas dari jerat-jerat kesulitan hidup. sebab itu kita memiliki strategi yang melahirkan kiat-kiat bagaimana mengatasi kesulitan hidup sebagai berikut :

1. Mengetahui “gambaran besar”

Kehidupan kita ibarat sebuah puzzle yang belum tersusun, masih acak-acakan tidak beraturan. Teman-teman pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk bisa menyusun sebuah puzzle, benar, untuk lebih memudahkan kita, kita harus melihat puzzle secara utuh agar kita tahu gambar sebenarnya dari puzzle tersebut. Sama dengan hidup, perasaan kacau dan tidak mengerti membuat kita makin terpuruk tidak berdaya. bisa jadi kita merasa kehilangan arah, kecewa dan sia-sia lalu menjadi putus asa. Sangat berbeda ketika kita memiliki tujuan yang jelas dan gambaran akhir dari apa yang kita lakukan, ada semacam kepastian tujuan yang membuat kita merasa aman dan damai. Meski harus melewati kesulitan dan tantangan, kita akan tetap kuat dan tabah. Hal inilah yang akan membuat semangat kita terus terjaga untuk tetap bertahan sampai akhir.

2. Memandang kesulitan sebagai tantangan bukan halangan

Memandang setiap kesulitan bukan sebagai halangan tapi sebuah tantangan dan kesempatan untuk belajar dan menang, yang pada akhirnya membuat kita menjadi semakin terlatih. Cara pandang seperti inilah yang bisa menentukan apakah kita dapat terus bertahan atau tidak.

3. Mengenal titik kritis pribadi kita

Setiap dari kita pasti memiliki titik kritis atau titik kelemahan pribadi masing-masing, seringkali orang tidak menyadari hal ini dan membuat mereka selalu jatuh dilubang yang sama. Sebaliknya, dengan mengenali titik kritis kita, kita akan memiliki sikap waspada dan latihan penguasaan diri yang akan membuat kita berhasil dan menang dalam melewati masa-masa sulit dalam hidup ini.

4. Mengatur prioritas hidup

Sering kali kesulitan kita timbul karena gagal atau keliru mengatur prioritas. Apa yang dikerjakan justru membawa masalah baru dan bukan solusi untuk pemecahannya. Prioritas yang diatur secara tepat dan seimbang merupakan tindakan bijaksana untuk mengatasi tantangan dan kesulitan hidup.

5. Bergabung dengan komunitas yang membangun

Lingkungan sekitar kita juga mempunyai peran dalam menghadapi sebuah kesulitan hidup, seharusnyalah teman atau kumpulan kita selalu memberikan semangat dan dorongan kepada kita, lingkungan positif akan mendorong kita untuk selalu berpikir dan bertindak positif, contohnya seperti rekan-rekan blogger yang kebetulan sempat mampir dan memberikan komentar diblog ini. Tanpa anda sadari anda semua telah memberikan semangat dan dorongan kepada saya untuk terus melangkah.

“Motivasi yang kuat dan sikap mental positif membangun keyakinan dan harapan untuk bersikap pantang menyerah meraih tujuan sukses” ( Jakoep Ezra )

Saya yakin rekan-rekan memiliki pengalaman mengenai cara atau kiat yang berbeda dalam menghadapi kesulitan hidup, silahkan bagikan pengalaman anda disini melalui kotak komentar yang ada, siapa tahu pengalaman anda bisa membantu mengatasi permasalahan ataupun kesulitan yang sedang dihadapi oleh rekan yang lain. Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda semua.

Kirimkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s