Kepala BPS RI Baru Diumumkan Januari 2012

Rabu, 21 Desember 2011 15:18 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) yang baru untuk menggantikan Rusman Heriawan yang kini Wakil Menteri Pertanian diharapkan namanya dapat diumumkan pada awal Januari 2012. Rusman mengatakan saat ini Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Wakil Presiden Boediono sedang melakukan proses seleksi terhadap tiga nama calon yang diajukan oleh BPS.

“Baru sampai di situ prosesnya dan ini dalam proses, saya kira itu sebentar lagi,” ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/12).

Menurut Rusman, tiga calon tersebut seluruhnya berasal dari kalangan internal BPS. Dua calon berasal dari jajaran eselon satu BPS. Sedangkan seorang lagi adalah eselon dua BPS yang dinilai telah memiliki kemampuan untuk menjabat Kepala BPS.

“Calonnya kita persiapkan dari jauh-jauh hari, ini pengkaderannya sudah dipersiapkan sehingga tidak ada yang surprise sebenarnya dari BPS,” ujarnya.

Kriteria pemilihan ditinjau dari segi kemampuan teknis, manajemen, dan administrasi. Selain itu juga dinilai loyalitas para calon terhadap BPS.

“Itu prosesnya dilakukan tentu oleh Kepala BPS yang lama karena punya hak untuk mengajukan. Nama-nama itu dibawa ke Bu Armida (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional) yang memang selama ini mengoordinasikan BPS. Jadi nama itu yang kemudian dipertimbangkan lebih lanjut oleh Bu Armida dan tiga nama itu dibawa ke proses selanjutnya kepada Presiden,” demikian Rusman.(Ant/BEY)

Sumber

About these ads

Perihal Saragih's Group
FIGHT always

Kirimkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: