Gaji PNS Naik 10 Persen Pemkot Tunggu Surat Resmi

BALIKPAPAN – Semua Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang membaca berita ini atau mendengar informasi dari pihak lain, pasti merasa gembira. Mengapa tidak, pada Januari 2012 ini, seluruh PNS mengalami kenaikan gaji rata-rata 10 persen. “Ya setidaknya kenaikan gaji ini telah mengurangi kekecewaan terhadap pemangkasan jatah PNS yang baru saja diumumkan wali kota baru-baru ini,”ujar Sin salah satu PNS Pemkot kepada Balikpapan Pos, Kamis (5/1) kemarin.

Mereka mengakui, kenaikan gaji ini sedikit mengobati kebijakan pemangkasan jatah PNS Pemkot Balikpapan untuk penghematan anggaran yang mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 22 tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2012. Pemangkasan tersebut di antaranya biaya perjalanan dinas (SPPD) menggunakan sistem at cost untuk tiket pesawat sesuai harga konkret.

Penghapusan dana Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) PNS dan dikembalikan kepada Asuransi Kesehatan (Askes). Termasuk juga, pengurangan jatah Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak 3 liter per hari bagi pejabat yang biasa menerima 15 dan 10 liter per hari. Menjadi 12 dan 7 liter. Bahkan, tali asih pensiunan yang dianggarkan sesuai masa kerja Rp1 Juta per tahun juga dihapuskan.

Kembali Sin menuturkan, tidak menyangka gaji PNS akan mengalami kenaikan. “Setidaknya kenaikan ini dapat memacu lagi semangat kami untuk bekerja. Soalnya semua orang sudah tau ada beberapa jatah kami sebagai PNS telah dipangkas untuk penghematan anggaran,” terang wanita sudah mengabdi selama 10 tahun di lingkungan Pemkot Balikpapan. Hal senada juga diungkapkan PNS Pemkot lainya, Din.

Ia menilai kebijakan menaikan gaji ini sangat tepat karena kebutuhan pokok sehari-hari terus meningkat. Apalagi di Balikpapan biaya hidup cukup tinggi dibanding daerah lainya di Indonesia. “Bahan-bahan pokok semakin mahal mas. Jadi dengan kenaikan gaji ini setidaknya dapat mengurangi biaya kebutuhan pokok sehari-hari,”ujar Din, sumringah.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Aji Muhammad Sofyan mengatakan, pihaknya belum mendapatkan surat pemberitahuan secara resmi dari pemerintah pusat terhadap kenaikan gaji PNS. “Kami sih belum terima pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat. Tapi memang kabarnya gaji PNS mau naik,”ujar Sofyan kepada Balikpapan Pos lewat ponsel, tadi malam. Ia mengaku akan melakukan koordinasi dengan Kabag Keuangan tentang kebenaran informasi kenaikan gaji tersebut. “Kabar gembira ini besok (hari ini, Red) akan saya tanyakan kepada BagianKkeuangan,”terang mantan Kabag Hukum ini.

PUSAT SUDAH UMUMKAN

UNTUK meningkatkan kesejahteraan PNS, TNI, dan Polri, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan ada kenaikan gaji rata-rata 10 persen. Selain itu, Kemenkeu memastikan pemberian gaji ke-13 serta uang makan yang mencakup uang lauk pauk pada 2012 ini juga mengalami kenaikan. “Di 2012 ada peningkatan kesejahteraan pegawai.

Meliputi belanja gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji, remunerasi, tunjangan kinerja ataupun tunjangan khusus, honorarium tetap, lembur, dan vakasi, kenaikan gaji pokok sebesar 10 persen dan Gaji ke-13,” ujar Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati dalam konfrensi pers di Gedung Kemenkeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (5/1) kemarin.

Menurutnya, kenaikan uang makan dan uang lauk pauk bukan hanya ditujukan bagi PNS saja. “Selain itu, terdapat kenaikan uang makan dan uang lauk pauk bagi PNS maupun TNI/Polri,” tambahnya. Dalam perhitungan Rancangan APBN 2012, pemerintah menaikkan uang makan untuk PNS dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu, dan uang lauk pauk untuk anggota TNI/Polri dari Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu.

Selain itu, lewat pemaparannya, Anny menyebutkan pada Rancangan APBN 2012 belanja Kementerian Lembaga (K/L) Tahun Anggaran 2012 mencapai Rp508,3 triliun, di mana belanja pegawai mencapai Rp127,7 triliun. “Secara keseluruhan pemerintah mengalokasikan Belanja Pegawai sejumlah Rp215, 7 triliun,”pungkasnya.

Kirimkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s