Bupati Terima 308 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) PKL di Kabupaten Gunungkidul

Bertempat di Bangsal Sewokoprojo kompleks Pemerintah Kabupaten Gunungkidul di Wonosari, Selasa 6 Maret 2012 Bupati Gunungkidul Hj Badingah S.Sos  menerima 308 mahasiswa tingkat III dan 51 dosen Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Jakarta Angkatan 51 dalam rangka PKL di Kabupaten Gunungkidul. Dalam laporannya  Muchlis Husin, SE, MA (Pelaksana Tugas Ketua STIS) menyampaikan bahwa PKL STIS dilaksanakan pada tanggal 6 Maret s.d 15 Maret 2012  di 18 kecamatan dengan jumlah sampel 4440 rumahtangga  yang tersebar di 222 Blok Sensus terpilih. Topik dari PKL adalah Kajian Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Kabupaten Gunungkidul.

Selain merupakan kurikulum wajib yang harus diikuti, tujuan Umum dari PKL tersebut adalah melatih mahasiswa melakukan penelitian ilmiah untuk menerapkan ilmu yang pernah diperoleh di STIS, mulai dari perencanaan, pelaksanaan lapangan, pengolahan serta menyajikan hasil laporan PKL. Adapun tujuan khususnya adalah mengidentifikasi instrumen untuk menentukan tingkat ketahanan pangan, serta sebaran rumahtangga Kabupaten Gunungkidul  menurut tingkat  ketahanan pangan. Dijelaskan pula bahwa dalam pengumpulan data selain menggunakan kertas daftar manual dilakukan pula  sistem pencatatan elektronik dengan computer/laptop yang merupakan uji coba daftar perangkat elektronik yang akan dikembangkan di BPS. Demikian juga untuk pelaporannya menggunakan sistem pelaporan dan monitoring via sms, tambahnya.

Selanjutnya Sambutan yang sangat baikpun disampaikan oleh Bupati Kabupaten Gunungkidul, Hj Badingah S.Sos. “Atas nama masyarakat Kabupaten Gunungkidul, Badingah mengucapkan terima kasih atas ditetapkannya Gunungkdul sebagai lokasi PKL STIS. Dengan PKL tersebut mahasiswa akan mengetahui bagaimana kondisi geografis serta mengetahui masyarakat Gunungkidul dalam mengolah potensi SDA yang sangat terbatas. Gunungkidul memang terkenal kering  dan tandus, tapi lihat saja nanti kenyataannya. Masyarakat Gunungkidul dikenal dengan masyarakat yang suka bekerja keras, mempunyai etos kerja yang tinggi, tangguh, teruji dalam menghadapi kondisi geografis. Seluruh komponen masyarakat khususnya petani  yang didukung oleh pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul  mulai tahun 2008  telah mampu berswasembada pangan dan mendapatkan penghargaan dari Presiden RI, ungkap Badingah dengan bangga.”

Dalam akhir sambutannya Badingah berharap agar hasil dari PKL tersebut mampu menghasilkan data-data yang valid dan akurat sehingga dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan pengambilan kebijakan terkait upaya meningkatkan dan mempertahankan capaian ketahanan pangan  Kabupaten Gunungkidul. Selain itu ia juga berharap untuk ikut mempromosikan Kabupaten Gunungkidul, bahwa Gunungkidul  tidak seperti dalam pemberitaan yang kering dan tandus tetapi mempunyai potensi wisata yang banyak sekali, seperti keindahan pantai, keindahan gua-gua yang belum optimal dikembangkan. Dan semoga Gunungkidul akan menjadi kenangan terindah selama PKL, ungkap Badingah.

Sumber

Kirimkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s